Serba Serbi Tentang Tidur

Serba Serbi Tentang Tidur





Semua makhluk hidup pasti akan melalui mimpi dan bangun sepanjang hari. Keduanya sebaliknya. Beberapa filsuf mengatakan bahwa orang yang tidur berbeda dari orang yang sadar, karena orang yang tidur berhubungan dengan alam semesta, sedangkan orang yang sadar hanya berhubungan dengan dunia. Orang yang tidur tampak seperti orang mati, hanya jantungnya yang terus berdetak, dadanya masih bernafas, dan dalam mimpinya manusia terus mengalami perubahan sikap tubuh dari satu posisi ke posisi lain. Selain itu, orang yang sedang tidur tidak bisa merasakan kejadian yang mengelilinginya, mereka tidak bisa merasakan momen itu terjadi.

Pada dasarnya mimpi adalah aktivitas alami dan alami yang dialami oleh setiap makhluk. Tidur adalah persyaratan dasar setiap makhluk hidup. Tetapi, di sisi lain, mimpi itu merupakan indikasi kelemahan kita, karena manusia masih butuh istirahat untuk melanjutkan aktivitas mereka di lain waktu, lain halnya dengan Tuhan yang tidak perlu tidur dan lain-lain. Karena Tuhan adalah segalanya. Namun dibalik itu semua mimpi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.

Sebelum membahas manfaat tidur, ada baiknya mengetahui mengapa kita bisa tidur, apa saja faktor yang membuat kita tidur.

Faktor yang menyebabkan tidur

Penyakit
Nyeri adalah salah satu faktor yang mempengaruhi tidur seseorang. Ada beberapa penyakit yang membuat kita membutuhkan lebih banyak waktu, misalnya penyakit yang disebabkan oleh infeksi limfatik, penyakit ini membuat kita tidur lebih lama dengan tujuan mengurangi kelelahan yang kita rasakan. Ada juga penyakit yang membuat kita sulit tidur, walaupun kita tidak bisa tidur, misalnya vertigo. Penyakit ini membuat kepala kita pusing dan, biasanya, diselingi dengan muntah, ini akan membuat kita sulit untuk tidur.

Aktivitas
Aktivitas kita sehari-hari memiliki efek lelah dan lelah pada tubuh kita. Setelah seharian beraktivitas kita pasti perlu istirahat, yaitu tidur. Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan, semakin banyak waktu yang kita butuhkan untuk tidur.

Kondisi psikis
Kondisi psikologis yang dialami seseorang akan berpengaruh pada tidur kita. Ketika kondisi psikologis kita kewalahan atau ada banyak pikiran dan tekanan, kita akan kesulitan tidur dan kita bahkan tidak bisa tidur. Dan sebaliknya, ketika kondisi psikis kita nyaman, tidak ada masalah, impian kita akan sehat dan berkualitas baik.

Obat
Kita sering mendengar bahwa efek samping yang ditimbulkan oleh obat tersebut mengantuk. Memang benar ada beberapa obat yang mengandung bahan kimia yang membuat Anda merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Di sisi lain, ada juga obat-obatan yang menyulitkan Anda untuk tidur, walaupun Anda tidak bisa mendapatkannya sebagai obat yang mengandung kafein.

Nutrisi
Nutrisi adalah salah satu komponen penting dari tubuh kita. Tidak hanya itu pasokan nutrisi dalam tubuh dapat memengaruhi tidur kita. Pemenuhan kebutuhan nutrisi dapat mempercepat proses tidur. Contohnya adalah protein, protein tinggi dapat mempercepat proses tidur, karena protein mengandung triptofan. Demikian pula, ketika seseorang kekurangan gizi, akan sulit untuk tidur.

Lingkungan Hidup
Lingkungan adalah faktor eksternal yang memengaruhi tidur kita. Jika kita berada di lingkungan yang tenang dan nyaman, maka impian kita akan sehat, jika tidak, jika kita berada di lingkungan yang miskin dan bising, kita mungkin merasa sulit untuk tidur, mungkin kita tidak bisa tidur.

Motivasi
Berbeda dengan lingkungan, motivasi adalah faktor dari dalam. Motivasi ini sangat penting, karena tidur atau tidaknya seseorang ditentukan oleh keinginan atau keinginannya. Lagi pula, orang itu tidak akan bisa tidur, jika dia tidak ingin tidur dan sebaliknya, jika dia ingin tidur, dia akan segera pergi tidur.

Usia
Usia adalah salah satu faktor yang menentukan tidur. Tentunya, ketika kita masih bayi, kita akan banyak tidur, tetapi ketika kita kecil kita sering bangun terlambat dan ketika kita lebih tua, kita sering tidur karena kita membutuhkan banyak waktu untuk istirahat.

Ini adalah beberapa faktor yang membuat kita tidur. Selanjutnya kita akan membahas manfaat tidur.

Manfaat tidur dengan benar
Tidur adalah suatu keharusan dalam hidup kita, karena ketika kita tidur kita akan melepaskan semua pikiran yang ada dalam pikiran dan istirahat setelah aktivitas. Anda harus tahu bahwa mimpi yang baik memiliki porsi yang cukup, tidak lebih dan tidak kurang. Tidur cukup dalam sehari adalah 6-7 jam. Tetapi kebutuhan untuk tidur juga harus disesuaikan dengan usia orang tersebut. Porsi tidur untuk anak-anak dari 0 hingga 2 bulan adalah 10,5-18 jam per hari. Ini karena pada usia ini, anak-anak masih belum beraktivitas, mereka hanya tidur dan makan, jadi ketika mereka tidak makan, mereka biasanya menangis atau tidur. 

LihatTutupKomentar